Wednesday, November 27, 2019

Mancing - Tutorial Simpul FG ( FG Knot ) Mudah dan Kuat

Kali ini kita belajar untuk mengikat simpul FG Knot ya Sahabat Ayok Mancing. Simpul ini adalah simpul yang terkenal dan mudah dilakukan di kalangan pecinta Ikan Permukaan alias Casting
Cara mengikat FG Knot. FG Knot merupakan simpul atas/kepala (Leader Line) yang populer dalam olahraga pancing di Australia dan di seluruh dunia. Simpul ini sangat kuat, dan sekali mempelajari simpul tersebut maka kita akan merasakan simpul ini merupakan metode yang mudah dan cepat dalam menghubungkan simpul atas dengan Tali Pancing Utama (Main Line).
Simpul merupakan andalan di semua Kelas Tali Pancing dan dapat juga digunakan dengan mono, kepang dan fluorocarbon. Ada beberapa metode untuk mengikat simpul ini dan banyak dari mereka menghasilkan simpul yang sulit untuk diikat. Metode ini, dipopulerkan oleh Kapten Jason Ehrlich dari Australia, dan membuat metode ini mudah untuk diikat.
Kunci untuk mengikat simpul ini dengan cepat dan berhasil adalah ingat untuk selalu menjaga ketegangan pada tali ! Ikuti diagram di bawah ini dan saksikan animasi dan setelah Anda mengikat simpul ini mengikuti instruksi ini, Anda dapat mengikatnya sekitar tiga puluh detik dan akan menjadikan ini simpul sebagai sambungan baru Anda dalam mengikat Leader Line dengan Main Line!
Scroll untuk melihat Animated FG Knot di bawah ilustrasi dan instruksi pengikat.

cara mengikat simpul fg

 


 


Petunjuk Mengikat Simpul FG


  • Buka ujung lingkaran ke atas dengan melewati jari telunjuk dan ibu jari Anda, membentuk segitiga. Anda ingin garis yang bagus dan ketat. Letakkan jari tengah Anda ke dalam dan itu akan berguna untuk membantu memegang Leader saat dilewatkan melalui putaran/lingkaran.

  • Dalam ilustrasi di sebelah kiri kami telah menghapus tangan untuk menunjukkan garis yang lebih baik tetapi menjaga garis seperti yang Anda miliki di tangan Anda. Pertahankan ketegangan di kepang di sekitar jari telunjuk dan ibu jari. Sekarang ambil spool Leader Anda dan tarik panjang yang cukup panjang untuk mengukur dari spool ke bawah/sampai ke tanah, dengan kaki Anda di atasnya untuk menahan ketegangan yang cukup dan menjalankannya di atas lutut Anda. Sekarang masukkan ujung garis ke dalam loop. Pegang ujungnya dengan jari tengah Anda dan tahan, lalu raih dari atas dan ambil garis dan bawa lurus ke atas.

  • Bungkus garis ke bawah satu sisi lingkaran, pegang dengan jari tengah, kemudian raih dari atas dan ambil dan angkat lalu Anda akan membungkus sisi lain dari loop dan ambil dengan jari tengah (langkah 4, 5, 6 , 7).

  • Ulangi tenun ini, di satu sisi, ke atas melalui tengah, di sisi lain, ke atas di tengah, bergantian satu sisi ke sisi lain. Penting - pertahankan ketegangan yang sangat kuat pada Leader. Pada setiap waktu Anda dapat memberikan beberapa jeda pada Leader untuk memastikan semuanya terkunci dengan baik dan kencang. Lanjutkan sampai tenun sekitar 1 1/2 hingga 2 sentimeter (1/2 "hingga 3/4"). Buat lebih banyak belitan untuk Jenis Tali yang lebih lembut, lebih sedikit untuk Jenis Tali yang keras.

  • Jepit titik di mana ketiga garis menyatu dan lepaskan garis kepang dari jari-jari Anda. (Bantu kedua jari yang telah memegang pembungkus!) Taruh sedikit ketegangan pada garis kepang yang berjalan ke batang Anda dan biarkan ujung tag terlepas. Pertahankan ketegangan pada pemimpin. Sekarang buat setengah halangan dengan label kepang di sekeliling pemimpin dan kepang dan tarik ke atas dengan baik dan kencang. Buat sekitar 6 hingga 8 lebih banyak kunci/halangan. Anda dapat mengubah arah atau menjadikannya sama. Setelah Anda menarik yang terakhir kencang, pegang kepang dan Leader-nya dan tarik sangat keras ke arah yang berlawanan untuk mengunci semuanya. Dapatkan selip dari sekarang dan dapatkan kepang untuk benar-benar mengikat Leader.

  • Potong Leader dekat dengan simpul.

  • Sekarang buat tiga atau empat pengunci lagi dengan tanda kepang di sekelilingnya untuk menyelesaikannya.

  • Potong unjung buntut (sisa) dan tutup.

  • Tarik keras untuk memeriksa simpul. Pastikan seharusnya tali tidak akan tergelincir.

    Untuk Sahabat Ayok Mancing yang masih bingung, nanti bakalan kita share video tutorialnya ya minggu depan. Tapi yang pasti ini simpul yang sangat mudah untuk dilakukan. Tetap bersama kami ya.... Wassalam. Salam Ayok Mancing !!!

1 comment: